Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Beberapa Wawasan yang Membuka Pikiran Dan Hati


assalamu'alaikum
hai akhiy wa ukhtiy? kayfa kahluk? fursotun sa'idatun an arookum :)

hari ini libur.pagipagi sebelum membersihkan rumah aku menyempatkan diri membaca buku yang dipaparkan umi dihadapan ku. buku dengan tebal 715 halaman ini berjudul "Buku Pintar Islam" dengan penulisnya Arif Munandar Riswanto.

berikut beberapa hal yang membuat pikiran ku takjub. ini hanya sebagian kecil dari yang kuperoleh . check it out :

-Allah berasal dari kata ilah (tuhan) tidak tepat. karena, kata ilah bisa dijadikan mutsannah dan jama', yaitu ilahain (dua tuhan) dan alihah (tuhan-tuhan). dengan demikian, jika diterjemahkan dalam bahasa non-arab, kata Allah harus tetap mempunyai arti Allah. begitupun dalam bahasa Indonesia, tidak bisa dijadikan Tuhan,dan dalam bahasa Inggris tidak bisa diartikan God karena bisa dijadikan jama' , yaitu menjadi Gods (tuhan-tuhan)


disini dapat disimpulkan bahwa kata Allah adalah nama diri (ism dzat/proper noun)

-takdir memiliki dua dimensi. dimensi ketuhanan dan kemanusiaan. dimensi ketuhanan didalam takdir mengajarkan bahwa ketetapan Allah yang Dia buat dalam kehidupan tidak bisa ditolak. seperti bumi itu bulat,mata bisa melihat dan sebagainya.
dimensi kemanusiaan mengajarkan manusia berusaha untuk mendapat yang diinginkannya. seperti dalam QS.Al-ra'd(13):11 : sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.
dalam firman Allah ini, menegaskan bahwa jika seseorang yang ingin pintar maka ia harus rajin belajar, ingin kaya harus giat bekerja dan lainnya

- " dan tidaklah kehidupan di dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehiupan, kalau mereka mengetahui" (QS.Al-'Ankabut(29) : 64 )

- setiap jin,manusia,dan hewan yang membangkang disebut setan . sedangkan Jin yang sombong disebut iblis


-Allah Swt befirman :
"sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. apabila ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah. dan apabila mendapat kebaikan ia amat kikir. kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat
(Al-Ma'arij (70): 19-23 )

-Al-Ra'd (13) : 28
"dengan mengingat Allah hati menjadi tentram" :D

-"perumpaan shalat lima waktu adalah bagaikan sungai yang mengalir deras didepan pintu kalian . disana kalian mandi setiap hari lima kali sehingga tidak ada kotoran tersisa" (HR Muslim)

- Allah SWT.befirman "jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan sesungguh nya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khsuyuk.(yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka menemui Tuhannya dan mereka akan kembali kepada-Nya  (QS.Al-Baqarah (2):45 )


ini yang kudapatkan dari buku "Belajar Ayat-Ayat Allah yang Tersirat"  Mahmud Khalifah sebgai penulisnya
berikut:

-"manusia itu memang bosan dengan masa kanak-kanaknya dan ingin cepat besar. setelah dewasa nanti ingin kembali ke masa kanak-kanak. manusia menguras energi dan kesehatan untuk mencari harta. setlah mendapatkan uang, dia pergunakan untuk berobat dan merawat kesehatannya.
mereka takut menghadapi masa depan yang suram sehingga lupa dengan kehidupannya saat ini. ini berarti, bahwa mereka tidak bisa hidup dimasa sekarang dan masa depan. bagi mereka, hidup seakan tidak pernah ada matinya. dan dalam matinya, seolah mereka tidak pernah hidup sama sekali "

-kegagalan mengajarkan kita bagaimana meraih sukses yang sebenarnya

-berhasil setelah menuai kegagalan lebih berarti dan bertahan dari pada berhasil tanpa mengalami kegagalan

-tidak ada kegagalan dalam hidup, karena hidup ini dipenuhi dengan larutan percobaan yang harus anda selami, agar lebih mengerti hakikat dari keberhasilan itu sendiri

^__^































  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Zata ismah mengatakan...

nah ini menggugah sekali...
ayuk share yahh

Siti Hasanah Sri mengatakan...

jadi jangan pernah menyebut ya tuhan tapi Ya ALLAh yuk biasakan

Posting Komentar